Selasa, 01 Maret 2011

Lingkungan Bisnis

TUJUAN DARI SUATU BISNIS

Suatu bisnis adalah usaha yang menyediakan produk atau jasa yang diinginkan oleh pelanggan. Bisnis didirikan untuk melayani kebutuhan pelanggan oleh pemilik yang mencoba untuk memperoleh laba.

DARI MANA LABA BERASAL

Suatu bisnis menerima pendapatan ketika bisnis tersebut menjual produk atau jasanya.Selisih antara pendapatan dan beban adalah laba yang dihasilkan oleh bisnis tersebut. Laba yang anda peroleh dari bisnis anda bergantung pada tiga kondisi.

Pertama, harus ada permintaan akan jasa yang anda tawarkan.

Kedua,anda harus menarik pelanggan.Hal ini berarti bahwa pelanggan harus memilih anda dan bukannya pesaing anda.

Ketiga, untuk memperoleh laba yang tinggi ,anda harus menjaga agar beban anda tetap rendah.

BAGAIMANA MOTIF LABA DIPENGARUHI OLEH PEMERINTAH

Pemerintah dari perekonomian pasar bebas mengakui keunggulan dari mengizinkan kepemilikan bisnis.Tidak hanya bisnis tersebut melayani pelanggan, tetapi dengan menciptakan pekerjaan bagi para pemilik bisnisdan karyawannya, bisnis juga mengurangi tingkat pengangguran negara tersebut.

BISNIS NIRLABA

Bisnis Nirlaba adalah organisasi yang melayani tujuan tertentu dan tidak di maksudkan untuk mencari laba. Contoh-contoh dari organisasi nirlaba : rumah sakit, organisasi sosial, dan gereja.

SUMBER DAYA YANG DIGUNAKAN UNTUK MENGHASILKAN PRODUK ATAU JASA

SUMBER DAYA ALAM

Sumber daya alam (natural resources) meliputi sumber daya apa pun yang dapat digunakan dalam bentuk alamiahnya. Sumber daya alam yang paling jelas yang umum digunakan oleh bisnis untuk menghasilkan produk atau jasa adalah tanah.

SUMBER DAYA MANUSIA

Sumber daya manusia adalah manusia yang mampu melakukan pekerjaan bagi suatu bisnis. Mereka dapat memberikan kontribusi pada produksi dengan menggunakan kemampuan fisik mereka, seperti bekerja di pabrik untuk menghasilkan suatu produk.

MODAL

Modal meliputi mesin, peralatan, perlengkapan, dan fasilitas fisik. Fasilitas fisik biasanya digunakan untuk menghasilkan banyak jasa maupun produk.

KEWIRASWASTAAN

Kewiraswastaan (entrepreneurship) melibatkan penciptaan ide-ide bisnis dan kemauan untuk menerima risiko. Wiraswasta (entrepreneur) mencoba untuk mengidentifikasi kesempatan bisnis. Wiraswasta adalah orang yg mengatur, mengelola dan menanggung risiko dari memulai suatu bisnis.

PARA PEMANGKU KEPENTINGAN DALAM SUATU BISNIS

Setiap bisnis melibatkan transaksi dengan manusia. Orang-orang tersebut dipengaruhi oleh bisnis dan oleh karena itu memiliki kepentingan dalam bisnis tersebut.Mereka disebut sebagai pemangku kepentingan (stakeholders),atau orang-orang yang memiliki dalam bisnis tersebut.

~PEMILIK

Setiap bisnis dim ulai sebagai hasil dari suatu ide mengenai produk atau jasa oleh satu atau lebih usahawan. Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya,kewiraswastaan adalah tindakan penciptaan,pengaturan,dan pengelolaan suatu bisnis.

Orang akan mau menciptakan suatu bisnis hanya jika mereka memperkirakan akan menerima imbalan untuk usaha mereka.

~KREDITOR

Perusahaan biasanya membutuhkan keuangan melampaui apa yang disediakan oleh pemiliknya. Banyak perusahaan yang membutuhkan dana meminjam dari lembaga keuangan atau individu yang disebut dengan kreditor, yang menyediakan pinjaman.

~KARYAWAN

Perusahaan memperkerjakan karyawan untuk melaksanakan operasi bisnisnya. Banyak perusahaan yang berhasil karena karyawannya.

Karyawan yang bertanggung jawab untuk mengelola penugasan kerja dari karyawan lain dan membuat keputusan bisnis penting disebut manajer.

~PEMASOK

Perusahaan pada umumnya menggunakan bahan baku guna menghasilkan produknya. Perusahaan tidak dapat menyelesaikan proses produksinya jika mereka tidak dapat memperoleh bahan baku. Oleh karena itu, kinerja mereka sebagian mereka bergantung pada kemampuan pemasok mereka untuk mengantarkan bahan baku sesuai jadwal.

~PELANGGAN

Perusahaan tidak dapat bertahan hidup tanpa pelanggan. Perusahaan juga harus memastikan bahwa produk atau jasa yang dihasilkan memiliki kualitas yang memadai sehingga pelanggan puas.

LINGKUNGAN BISNIS

Keberhasilan suatu bisnis pada umumnya bergantung pada lingkungan bisnis.Lingkungan Bisnis dapat di bagi menjadi bagian-bagian berikut:

~Lingkungan Sosial

Lingkungan Sosial, yang meliputi demogrfi dan preferensi pelanggan, mencerminkan tendensi sosial terhadap mana suatu bisnis terekspos. Demografi atau karakteristik dari populasi akan berubah sejalan dengan waktu. Perubahan dalam preferensi pelanggan sejalan dengan waktu juga mempengaruhi permintaan akan produk yang dihasilkan.

~Lingkungan Industri

Lingkungan Industri mencerminkan kondisi di dalam industri perusahaan terhadap mana perusahaan terekspos. Perusahaan memperoleh manfaat kerena berada di suatu industri yang mengalami permintaan pelanggan yang tinggi akan produk-produknya.

~Lingkungan Ekonomi

Kondisi ekonomi memiliki dampak yang kuat terhadap kinerja dari setiap bisnis.

~Lingkungan Global

Lingkungan global dapat mempengaruhi seluruh perusahaan baik secara langsung maupun secara tidak langsung.

JENIS-JENIS UTAMA DARI KEPUTUSAN BISNIS

Jenis-jenis utama dari keputusan yang terlibat dalam menjalankan bisnis dapat diklasifikasikan sebagai keputusan manajemen, keputusan pemasaran, dan keputusan keuangan.

~Manajemen adalah cara bagaimana karyawan dan sumber daya lain digunakan oleh perusahaan.

~Pemasaran adalah cara bagaimana produk dan jasa dikembangkan, ditetapkan harganya, didistribusikan, dan dipromosikan ke pelanggan.

~Keuangan adalah cara bagaimana perusahaan memperoleh dan menggunakan dana bagi operasi bisnisnya.

~Keputusan suatu perusahaan umumnya didasarkan pada data dan informasi, yang disediakan oleh sistem informasi dan akuntansinya.

~Akuntansi adalah ikhtisar dan analisis atas kondisi keuangan perusahaan dan digunakan untuk membuat beragam keputusan bisnis.

~Sistem informasi meliputi teknologi informasi, orang, dan prosedur yang menyediakan informasi yang sesuai sehingga karyawan perusahaan dapat membuat keputusan bisnis.

diambil dari tugas ngeresum di bukunya Om Jeff Madura,,,,hehehehehe

0 komentar:

Posting Komentar